Rabu, 01 Agustus 2012

Review Materi 1-8-2012 PPAB MTI

Holaaaaa jadi malam ini sebelum jam 23.00 kita harus nyelesain review yang udah kita dapet dari PPAB MTI 2012 hari ini.
Materi yang kita dapet pertama hari ini itu dibawain sama Kak M.Rihan Handaulah EL'04, yang judulnya "A Purpose Driven Life". Jadi intinya itu tentang pentingnya punya tujuan hidup... Karena hanya ada 3 macem orang di dunia ini, yaitu manusia yang hidup dan bekerja, bunuh diri karena merasa gak berarti lagi, dan orang gila yang ceria. Hahaha agak merasa tersindir sih sama materi hari ini. Sejujurnya tujuan hidup saya juga belum jelas :(
Tujuan hidup ini diibaratkan sebagai peta dan kompas yang kita butuhkan saat kita merasa tersesat.
Kalo sekarang kita gak tau tujuan hidup kita gimana dong? Okaay kita bisa memulainya sekarang.

1. How
Siklus untuk membuat tujuan hidup ini terdiri dari 3 fase:

- Define your value
Mulai dari pertanyaan-pertanyaan simpel, "mengapa? Untuk apa? Darimana? Hendak kemana? Apa illah/fokus kehidupan kita? Siapa standar/guideline dalam kehidupan kita?". Orang2 besar di dunia ini selalu memulai kebiasaannya dengan memulai pertanyaan2 ini. Dengan tau nilai2 diri kita, maka kita dapat melakukan sesuatu tanpa sia2.

- Know yourself
Yang kedua, mengetahui diri kita sendiri. Ada passion dan ultimate goal. Apa itu passion? Passion adalah sesuatu hal yang secara alami kita menyukainya, menguasainya, dan berpotensi unggul di dalamnya dan tentunya bermanfaat. Passion yang kita eksplor dengan dalam akan menjadi ultimate goal untuk hidup kita.
Sekarang, apa itu ultimate goal? Ultimate goal adalah sesuatu yang menyejarah/historical/ membuat kita dikenang dan menjadi trademark untuk diri kita sendiri. Ambil contoh Bill Gates dan Steve Jobs. Apa yang kita bayangkan saat mendengar nama mereka? Tentu Microsoft dan Apple bukan? Itulah yang disebut Ultimate Goal, jika diibaratkan dalam diagram venn, maka ultimate goal merupakan irisan dari lingkaran value, passion, dan challenge.
Ada cara bagi kita untuk mendapatkan ultimate goal tersebut, yaitu dengan zetgaist atau 'mengenali zaman' kita, dengan history loop. Mulai dari "problem ---> challenge ----> oppoortunity ---> solution ---> problem" dan kembali begitu seterusnya.

- Plan and Act
Setelah kita tahu apa potensi dan nilai diri kita dan mengenal diri kita sebenarnya, maka saatnya kita mulai membuat rencana2 dan mengeksekusikannya. Ingat bahwa satu-satunya rencana yang burukk adalah rencana yang tidak dieksekusi! Fokus pada tujuan, tetapi fleksibel dalam cara menempuhnya. Rendah dirilah atas kemenangan dan jangan pernah putus asa pada kekalahan.
Sebetulnya 'luck' atau keberuntungan bukan semata2 hanyalah sebuah kebetulan. Tapi keberuntungan terjadi saat persiapan dan kesempatan bersatu!
Setelah merencanakan dan mempersiapkan, saatnya Action! Bukan mudah untuk membentuk suatu takdir yang indah, dibutuhkan perjalanan panjang untuk menempuhnya.
Dari mulai input -> information -> knowledge -> will -> act -> habits -> character -> destiny. Jadi sebetulnya action kitalah yang akan menjadikan habits yang lekas akan menjadikan karakter kita.

Sekian review tentang seminar kecil dari kak Rihan. Setelah materi dari kak Rihan, kami dibagi menjadi 12 kelompok dan dimobilisasi bersama mentor kami. Kebetulan mentor kelompok saya tadi Kak Nadia dan Kak Tino. Kami diberikan materi untuk merumuskan visi misi hidup dengan metode SMART-C (Smart Measurable Achieveable Realistic Time-bounding - Challenging).
Kami diminta menuliskan visi misi hidup kami dalam secarik kertas dan membuat time-capsule untuk mengskemakan fase hidup yang kami bayangkan sesuai visi misi kami.
Banyak sekali yang saya dapatkan dari materi hari ini, saya jadi lebih tersadar akan urgensi memiliki visi misi hidup agar hidup kita terarah. Kalau sekedar hidup, bukannya kera di hutan juga hidup?

Setelah break ishoma, kami diberikan pula materi mengenai SWOT. Ternyata SWOT yang saya buat ada kesalahan. SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat) membuat kita dapat merumuskan bahwa SO dapat saling mengokohkan kemampuan internal dan eksternal kita, WO akan membuat kita sadar bahwa Opportunity dapat menutupi kelemahan kita, dan begitu pula seterusnya.

Sekiaaan review PPAB MTI 2012 hari ini :) Maaf jika ada kekurangan2 dari tulisan sayaa.

2 komentar:

  1. Good! Jangan lupa ceritain pas kejadian di lapangan juga! :) Semangat ngerjain tugasnya yaa!

    BalasHapus