Jumat, 03 Agustus 2012

Review Harian 2 Agustus 2012

Interaksi kedua. Maaf baru bisa posting review hari ini, ketiduran karena capek bgt.

Sebelum interaksi, kami berkumpul terlebih dahulu di gedung PLN untuk melengkapi tugas dan spek. Lalu kami bergegas ke ruang PTI sekitar jam 7.30 pagi. Setelah sampai di ruangan, panitia PPAB pun mengevaluasi kesalahan-kesalahan kami, dari mulai keterlambatan hingga tugas angkatan yang belum selesai.

Sekitar jam 9-11, kita diberikan materi dari Kak Bintang dan Kak Tafta. Beliau-beliau adalah MTI'09. Mereka menjelaskan tentang Quality Control.
Kualitas sebenarnya adalah sesuatu yang konsumen harapkan. Yang dikontrol adalah design, melalui input, proses, dan output. dan begitu seterusnya membentuk sebuah siklus.

1. design : memastikan desain suatu produk memiliki titik temu antara kebutuhan konsumen dan fungsi produk.
2. input : memastikan input dr suatu sistemnya sesuai standar
3. process : memastikan proses pd suatu sistem berjalan stabil
4. output

Cara untuk meningkatkan kualitas dari suatu proses ada 2, yaitu philosophical aspect dan technical aspect yang berbasis pada data, menggunakan alat yang bernama 7 tools.
Cause-and-effect diagram (also called Ishikawa or fishbone chart): Identifies many possible causes for an effect or problem and sorts ideas into useful categories.
Check sheet: A structured, prepared form for collecting and analyzing data; a generic tool that can be adapted for a wide variety of purposes.
Control charts: Graphs used to study how a process changes over time.
Histogram: The most commonly used graph for showing frequency distributions, or how often each different value in a set of data occurs.
Pareto chart: Shows on a bar graph which factors are more significant.
Scatter diagram: Graphs pairs of numerical data, one variable on each axis, to look for a relationship.
Stratification: A technique that separates data gathered from a variety of sources so that patterns can be seen (some lists replace “stratification” with “flowchart” or “run chart”).
sumber: http://asq.org/learn-about-quality/seven-basic-quality-tools/overview/overview.html

Setelah mendapat materi dan studi kasus, kami dimobilisasi bersama mentor untuk presentasi di depan kelompok lain mengenai permasalahan di ITB yang dirumuskan dalam bentuk fishbone. Kami mengambil studi masalah 'sampah yang tidak terpilah dengan baik di kampus'.
Sebenarnya beberapa dari kami, termasuk saya, ada yg mengikuti perwalian dari jam 1-4 sore sehingga saya tidak dapat mengikuti keseluruhan rangkaian acara. Setau saya, setelah itu kami diberikan tugas baru oleh litbang dan kami melakukan tarian lagu daerah dengan judul 'potong bebek angsa'.

sekian review dari saya. maaf jika cerita sangat kurang berisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar