Kamis, 02 Juni 2016

Langkah demi langkah

2 Juni 2016, 09:15
Akhirnya gw berani buat nulis, akhirnya gw berani cerita. Haha.
Makasih sahabatku, Wida.

----
Seperti para fresh graduate pada umumnya, di saat-saat semester akhir kuliah gw kepikiran mau ngapain ya gw abis lulus? Mau kerjakah gw? Mau S2 kah gw? Mau bisnis kah gw? Sebenarnya gak pernah terbersit  kalo gw bakalan jadi para pencari kerja, apalagi kerja sampe seumur hidup gitu. Tapi setelah gw pikir-pikir, ya mau jadi apa sih gw? Gw harus ngumpulin duit dari sedini mungkin. My dreams need money to be real. Hahaha!
Singkat cerita, babak belur lah gw ditolak sana-sini. Psikotes gak lolos, wawancara gak lolos, and it made me start to think that I am hopeless in this path. Gw pun mempertanyakan langkah gw, apakah gw salah langkah? Apa emang gw gak ditakdirin jadi wanita pekerja? Hhhhhh entahlah.
Sampe sekitar bulan Oktober, gw udah muak dengan ini semua. Gw pun nge-cut semua usaha seleksi kerja gw. Gw udah lelah ditolak. Gw pun berhenti ikut seleksi, pokoknya gw menarik diri dari segala proses seleksi. I just stayed at my room everyday, like a piece of useless sh*t. Sampe sekitar satu bulan gw kayak gitu, dan sampe pada titik dimana gw sadar..... mau sampe kapan gw kayak gini? Gw gak bisa kayak gini terus, gw harus buktiin ke orang-orang kalo gw juga bisa!
Sebar CV lah gw kesana kemari lagi, sekitar dua minggu lewat, di awal bulan Desember, panggilan interview pun berdatangan. Bolak-balik lah gw Bogor-Jakarta naik KRL yang penuhnya naudzubillah. Kayak anak ilang naik ojek, metromini, kopaja, mikrolet, hahah. Yaaa hikmahnya gw semakin mengenal Jakarta dan angkutannya sendirian. Titik terang pun muncul, seleksi berlapis-lapis dari perusahaan market research dari UK (sebut aja KW) berhasil gw laluin. Interview sama user, kepala divisi, dan CEO di perusahaan airline terkenal (sebut saja AA) berhasil gw laluin.
Tanggal 4 Januari, gw pun dipanggil oleh KW untuk final interview, dan gw disuruh tanda tangan offering kontrak kerja. OMG gak nyangka gw prosesnya secepet itu. Bimbang banget rasanya, karena hati gw kayak gak mantep banget mau nerima offer perusahaan ini. Kontrak perusahaan ini setahun, sedangkan gw mau daftar beasiswa KGSP di bulan Februari, yang pengumuman fixnya di bulan Mei. Bimbang banget. Ada penalti pula, yang besarnya cukup uwow juga sih. Apalagi gw masih ngarep sama seleksi AA, gw tanyalah ke calon user gw di AA, dia langsung nelpon gw saat itu juga. Intinya, dia kayak pengen gw tetep mertahanin AA, karena sebenernya mereka tinggal proses offering ke gw.
Dari situ, gw pun mantep menolak offer KW yang udah gw tandatanganin! Yaampun parah banget gw pake tandatangan segala o_O. Gw jadi ngerasa gak enak juga sampe sekarang ke temen gw yang kerja disitu. Sampe ditelepon lagi juga sama pihaknya pas gw email kalo gw batalin kontraknya, katanya kalo masalahnya kontrak kerja gw bisa diskusi lagi kok. Tapi disitu gw mikir, AA kan udah ngomong bakal offering juga. Jadi penawaran terakhir dari KW gw tolak juga deh. Gw mantep bakal menunggu AA sampe dia manggil gw kerja.  Gw tunggu, dari hari ke hari, dari minggu ke minggu, bulan ke bulan, sampe akhirnya bulan Maret akhir, barulah mereka ngontak gw. Beuh, membuang-buang waktu gw berbulan-bulan. Tau gitu gw ambil aja tawaran dari pihak KW!
Offering dari AA pun dikirim ke email gw, gw baca kalimat demi kalimat di surat itu. Terus mata gw terfokus pada gaji yang mereka tawarin..... kok cuman segini?! Pas interview mereka nanya gaji yang gw mau berapa, gw jawab gw mau minimal besarnya X juta, dan mereka ngelolosin gw. Tapi kok, di kontraknya, besarannya cuman X-1 juta?! Ini sih sama offer dari KW jauh banget! Gw pun ngontak pihak HRDnya, via telepon pun gw ngobrol-ngobrol gw bilang, kok bisa segini sih, saya mau nego di awal kan bilangnya gajinya X. Blablabla. Telepon akhirnya beres setelah berdebat agak panjang.
Sampe hari demi hari, dua minggu kemudian mereka pun ngeemail gw, yang intinya gw gak jadi diterima. WHAT?! GW UDAH NUNGGU SEKIAN BULAN! GW UDAH NOLAK OFFER DARI PERUSAHAAN LAIN! GW UDAH NARIK DIRI DARI SEGALA PROSES REKRUTMEN! GW UDAH INI! GW UDAH ITU! Berasa gw pengen ngomong depan mereka teriak-teriak gitu. Dunia gw serasa runtuh. Petir serasa nyamber di atas kepala gw. Gw nangis sejadi-jadinya. Mau dikemanain muka gw? Gw malu sama orang-orang yang gw kenal, gw gak enak mau cerita ke orang tua, gw pengen ditelen bumi aja secepatnya L aaaaaaaaaa gw narik diri dari segala chatting2 sama temen sekitaran seminggu.
Langsung gw email segala lowongan kerja yang ada di web karir, gw gak mau menyia-nyiakan waktu lagi. Di dalem hati, gw masih berharep gw lolos beasiswa KGSP (Korean Govt Scholarship Program) yang lagi gw ikutin. Dan di tanggal 3 Mei, pengumuman KGSP, gw gak lolos. GAGAL LAGI. Rasanya lutut gw cair, udah gak bisa lagi gw berdiri tegak, hidup gw ancur lebur rasanya. Gak kuat gw mau mulai dari awal lagi terseok-seok begini. (Huft maaf ya lebay, inilah yang gw rasain).
Rencana indah di hidup gw pun buyar luluh lantak berantakan. Gw harus nata hidup dari bener2 awal lagi. Kuharus lari ke hutan atau kubelok ke pantai? *lah kok jadi Rangga*
Sampailah gw pada titik sekarang, jadi anak intern divisi market access perusahaan farmasi reputable asal UK, kontrak 3 bulan sampe Agustus. Yeah, just a mere intern. Semoga intern ini bisa jadi batu loncatan. Entah takdir Allah mau bawa takdir gw kemana lagi. Gw sekarang pasrah. Gw gak mau terlalu ngoyo lagi.
Semua pengalaman ini mendewasakan gw, bikin sifat judgemental gw berkurang, bikin gw lebih tenang ngadepin masalah, bikin harapan gw turun. Biarpun sampe sekarang pun, masih sakit hati rasanya gw inget2 itu semua. Belum berhenti gw menyalahkan diri gw sendiri. Betapa bodohnya gw. What if I never did that.............

Entahlah, gw hanya bisa percaya, ada rahasia dan rencana Allah yang lebih besar yang menanti di masa depan. Biarpun gw gak tau itu apa, gw harus tetep percaya. Di balik hujan ada matahari, setelah malam ada sejuknya pagi, untuk ke puncak gunung pun harus sabar dan kuat mendaki jalur terjal dulu. Ini semua gak ada apa-apanya, kalo gw mampu bersyukur. Semua hanya cerita, yang bakal gw ceritain ke anak gw sambil bercanda di masa depan. Bismillah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar