Sabtu, 04 Juni 2016

Terima saja

Pernah ga sih ngerasa kalo kita punya kekurangan / sifat / tabiat yang pengen banget kita ubah? Rasanya kita tuh kayak bener-bener salah, berdosa, dan bukan orang baik selama kita masih punya sifat ini. Sampe akhirnya kita pengen kita jadi orang yang baru, tanpa sifat ini. Kita nggak mau terus2an jadi orang yang gak baik gini.
Gw pernah. Bahkan sering. Gw terus2an mau ngeganti sifat itu jadi diri gw yang baru. Gw mau kayak si Melati, yang begini begitu. Gw mau kayak si Mawar, yang begini begitu. Pokoknya bertolak belakang sama sifat gw yang menurut gw penuh kekurangan.
Kemudian, gw lelah. Gw gak tahan. Gw berasa jadi orang lain. Sifat gw berubah total, orang2 sekitar sampe nanya ke gw. “Kamu kenapa?” “Lo kenapa?” “Kok lo jadi pendiem sih?” “Kok lo murung?”.
Gw bingung. Loh, kok mereka malah pengen gw kayak dulu lagi sih? Sifat gw itu kan.... jelek. Kenapa mereka malah pengen gw kayak dulu lagi? Hmmmm.
Akhirnya gw sadar. Kekurangan dan kelebihan itu satu paket. Gak ada orang yang sempurna semua satu paket. Gw lupa kalo Mawar dan Melati juga punya kekurangan dibalik sifat baiknya. Itu sepaket. Semua udah jadi karakter unik masing-masing mereka.
Ya emang sih, kekurangan itu harus diusahain supaya berkurang. Bukan berarti gak mau berubah jadi lebih baik, tapi stop being so hard on yourself ah. Terima saja. Toh semua orang punya banyak kekurangan. 
Bahkan bunga mawar yang cantik saja punya duri yang tajam. Tapi, bukankah justru duri itu bentuk perlindungan diri bunga mawar? Lagipula, those who mind don’t matter, those who matter do not mind. Those who matter will compromise. Jadi, terima saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar