Kamis, 30 Juni 2011
FTI ITB 2011 :)
setelah ngelewatin banyak momen2 berat, ngerasa dooown banget di saat semua orang udah nemuin kesuksesannya gw masih berjuang..
ya Allah, syukurku tiada terkira, tak akan ku sia2kan kesempatan ini :)
terima kasih ya Allah...
Rabu, 11 Mei 2011
Tips-Tips Semangat Belajar
Biar tetep bagus n rapi, buku harus disampul. Buku yang awalnya bagus bisa robek-robek kalo sering dipake, kena keringet tangan kita n pinggirannya bisa jadi kriwil-kriwil.
2. Alat tulis n tempat pensil harus lengkap + bersih
Alat tulis basic kaya pensil, pulpen, penggaris, tip-ex, penghapus, stabilo harus punya sendiri. Jangan kerjanya pinjem-pinjem temen. Mendingan pake pensil mekanik aja yang lebih praktis, daripada bawa-bawa pensil + serutan yang ngotorin tempat pensil kita.
3. Buku latihan n catetan dipisah
Buku latihan n catetan yang digabung-gabung bisa bikin kita bingung waktu belajar karena gak terorganisir. Biar makin enak belajarnya, tulis masing-masing bab di beda halaman. Jadi, bab termokimia gak akan campur baur sama bab kesetimbangan yang bisa bikin kita bingung.
4. Tulis catetan serapi mungkin
Tulis catetan pake poin-poin tiap subbab, kotakin atau kasih warna di kata-kata/rumus penting bab itu. Jangan terlalu pengen detail waktu nyatet. Bagusnya sih cuma poin-poin penting aja yang ada di catetan, biar lebih ringkas n efisien. Biar lebih rapi, catet dulu di kertas/buku lain waktu guru nerangin, baru deh di rumah kita salin di buku catetan, biar lebih rapi n bisa dihias-hias.
5. Latihan soal sambil liat catetan
Kalo selama ini kita males latihan soal karena gak apal rumus, mendingan liat catetan/buku kumpulan rumus waktu latihan. Lama-lama kalo udah terbiasa, kita jadi apal rumus n terbiasa sendiri waktu ngerjain soal. Gak perlu liat catetan lagi deh.
6. Belajar harus ada tujuan
Kalo udah ada tujuan, pasti kita lebih semangat belajar. Misalnya, biar nilai UN gede dan lulus PTN yg kita mau (tentunya cara halal), pastinya kita bakal lebih semangat biar tujuan kita tercapai. Evaluasi lagi, bab mana yang paling kita belum kuasain. Kalo belum lihai di bab lingkaran, ngapain terus-terusan latihan soal logaritma yg udah lancar? Perbanyak latihan di bab yang kita belum kuasain.
7. Buat belajar jadi kebiasaan
“Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. (Aldus Huxley)”
Jadi, jangan dulu ngehina pelajaran yang dianggep susah. Semua orang pasti ‘mau’ lulus UN, masuk PTN favorit, jadi dokter, bla bla bla, tapi gak semua ‘bisa’ kan? Masuk PTN atau dapet nilai bagus itu perlu kerja keras n pola pikir yg bagus. Jangan harep semuanya serba instan.
8. Belajar diulang-ulang, bukan ditumpuk
“Rencana yang baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh hari ini adalah lebih baik daripada rencana sempurna yang baru akan dilaksanakan besok. (George Patton)”
Gak ada gunanya kalo kita udah merancang rencana-rencana, tapi kita sendiri gak ngelakuin. Misalnya, kita udah berkhayal, mulai besok gw bakal belajar, tenang lah, UN sama SNMPTN kan masih lama... Terus-terusan sampe kita tau kalo UN udah tinggal sebulan lagi. Gak penting kalo kita mau latihan soal terus-terusan kebut semalem. Gak usah banyak-banyak, sehari 5 soal juga cukup. Pertama sih emang susah, tapi kalo udah biasa malah jadi ketagihan latihan, apalagi kalo ada soal yang bikin penasaran.
Semoga makin semangat belajar! ^^
Rabu, 02 Maret 2011
Can you answer this???
Kenapa juga ada gw di dunia ini yang ngerasain hidup?
Kalo bisa minta dari awal juga gw bakal milih ga pernah hidup ga pernah ada di dunia ini.
Tapi gimana??
Gw udah terlanjur hidup. Udah terlanjur kebanyakan dosa...
Kalo gw mati, gw juga takut karena dosa gw udah kebanyakan.. Bisa-bisa gw masuk neraka ntar.. Hiiiy! Ga mau gw..
Tapi.... gw juga ga pernah minta buat ada di dunia ini...
Kenapa kita harus hidup kalo akhirnya mati?
Semua pertanyaan punya jawaban... Tapi kok ga ada jawaban yang pas sih buat ngejawab pertanyaan ini?
Ya Allah, maafkan hambaMu ini yang kurang bersyukur....
"Nilai Rapor"
Tulisan ini tentang kekecewaan gw sama nilai rapot. Bukan karena nilai rapot gw jelek-jelek lantas gw jadi kesel… Nilai-nilai gw memuaskan kok (menurut gw). Tapi karena nilai rapot yang gak jujur aja…
Misalnya nih, anak yang semester sebelumnya nilainya lebih besar, terus tau-tau nilainya turun pasti nanti bisa dibongkar pasang semau kita aja biar sama kaya semester sebelumnya… Gak adil banget kan?
Gw kasih contoh, misalnya si Mimin waktu kelas 1 nilai matematikanya 85, sedangkan si Maman nilainya cuman 78. Tau-tau pas udah naek kelas 2, si Mimin nilainya turun sampe 75, dan si Maman nilainya naek sampe 80. Tapi karena semester sebelumnya nilai si Mimin lebih besar daripada Maman, ya udah deh guru tinggal ganti angka aja di rapot. Dan triiing! Nilai si Mimin berhasil disulap lagi deh jadi 85 lagi, sedangkan si Maman yang harusnya punya nilai lebih gede malah cuma 80 aja…
Kalo kayak gitu, apa dong arti usaha si Maman selama satu semester buat bersaing? Apa dong arti usahanya buat ngalahin orang laen? Sedangkan universitas pasti gak bakal tau nilai anak-anaknya itu asalnya darimana…
Emang sih, dari satu sisi, “Ah kasian, biar lolos PMDK dibantuin aja deh nilainya…”, tapi… kalo dipikir-pikir lagi, ngerasa gak sih kalo ‘kebijakan’ kaya gitu ngerugiin anak lain? Ngerasa gak sih kalo itu diskriminasi? Ngerasa gak sih kalo kaya gitu bikin kecemburuan sosial? Apa guru-guru gak mikirin perasaan anak-anak lain yang gak dikatrol nilainya (misalnya si Maman)?? Terus apa artinya nilai rapot kalo ujung-ujungnya mereka dibantu?
Kalo kaya gini, gak bakal ada persaingan lagi di sekolah. Lagian, jelas-jelas syarat PMDK yang katanya nilai rapot harus stabil/naek terus itu gak realistis deh. Setiap guru kan beda-beda ngasih nilai. Ada yang pelit, ada yang royal. Jadi gak bisa dong nilai kaya gitu dijadiin tolok ukur.
Gw kasih contoh lagi, guru fisika gw dari kelas 1 sampe kelas 2 tuh gak pernah ngajar. Bahkan mungkin hampir semua anak gak tau bab-bab fisika kelas 1-2. Ngajar aja gak pernah, tau-tau di rapot ngasih nilai yang bagus aja… Tapi kan itu terkesan aneh, ada anak yang dapetnya cuman 78, ada yang dapetnya 82, ada yang dapetnya 87, 88, bahkan 90! Hey pak, indikatornya mana yaa? Apa dengan ngasih ‘nilai gratisan’ gitu semua anak bakal bahagia? Bisa aja ada yang ngerasa, “kok perasaan gw sama dia sama-sama aja deh, malah bagusan gw, tapi kok gw cuma 78, dia 87 yaa?”… Jelas-jelas ini gak adil.
Gw punya cerita lagi, waktu kelas 2 nilai kimia gw harusnya 95 (bukan mau sombong), dan gw yang udah seneng-seneng, tiba-tiba… “Nilai kamu kata kurikulum terlalu tinggi, turunin aja yah sampe 90. Nanti 5 poinnya mendingan taro di nilai praktek aja…” Jujur, berat hati banget gw… Nilai gw pun akhirnya didiemin sampe ke semester berikutnya… Dan yang bikin gw shock banget, nilai gw yang harusnya beda 5 poin sama si X, tau-tau nilai gw jadi sama deh sama dia! Ya ampuun, jadi ini yah nilai rapot? Usaha gw dibuang kemana sih?! Rasanya gw pengen teriak… Coba aja nilai gw tetep 95, peluang gw kan makin besar buat SNMPTN undangan ke ITB, ke UI...
Kalo mau nilai rapot gak turun ya belajar dari awal lah, bukannya kalo turun jadi dibongkar pasang…
Tapi sekali lagi pemerintah ngecewain... SNMPTN undangan? Is it fair? Is it valid?
No offense, gw cuma mau mengutarakan aja apa yang ada di otak gw, ini kan negara demokrasi… Mendingan pemerintah kalo mau adain PMDK/SNMPTN undangan, ditelusur dulu deh. Emangnya nilai rapot valid yaa? Gw yakin hampir kebanyakan sekolah pasti banyak ‘pengkatrolan’ nilai. Lagian kebijakan 50% murid di kelas itu gak begitu valid dong. Gimana tuh anak yang kasusnya kaya guru fisika gw tadi? Nilai-nilai kaya gitu tuh bikin kecemburuan sosial, bikin murid-murid gak sadar pentingnya nilai-nilai kejujuran.
Mungkin udah takdir kali yaa, ya udahlah gw mau teriak-teriak juga percuma kok… Seenggaknya gw lega udah nulis ini..
Sulitnya Memaafkan
***
Dulu, aku masih kelas 2 SMP. Yaa, masih terhitung anak kecillah. Hehehe. Aku tidak pernah ingin memiliki musuh. Aku ingin menjalani hidupku dengan tenang, sepi dari masalah, bahkan jika bisa, tanpa masalah! Tetapi, entah kenapa masalah selalu berdatangan muncul tanpa kuundang dan kuminta kehadirannya. Seperti yang akan kuceritakan sekarang ini…
Aku ini orang yang agak sensitif yah bisa disebut ‘pundungan’. Jadi, berhati-hatilah mendekatiku! Hehehe. Tapi tenang, gak bakal digigit kok! Hihi. Oke, kembali ke cerita. Waktu itu kalau tidak salah, guru agamaku menugaskanku presentasi. Dan saat giliran kelompokku maju, di saat sesi pertanyaan ada seorang teman perempuan yang menginterupsi. Bahwa suara kelompokku terlalu kecil, terlalu cepat, dan sulit ditangkap olehnya. Mungkin karena sedang kesal, aku pun menurutinya untuk mengulang presentasiku dengan intonasi yang dia inginkan. PELAN dan KERAS. Aku baca dengan sangat pelan. Nyaris satu kata per detik. Setelah kuturuti permintaan dia, aku bertanya balik kepadanya, “puas?”. Ada alasan lain sih yang membuatku bertingkah seperti itu. Menurutku, cara bertanya terkesan meremehkan dan merendahkan. Ya sudah, aku lanjutkan saja.
Tetapi yang tidak kusangka-sangka, saat penghujung akhir pelajaran, dan itu pelajaran terakhir, ia masih menyimpan (entah itu) dendam atau rasa jengkel padaku. Dia bertanya pada guru agama, “Pak, bagaimana hukumnya berkerudung buka tutup, apakah itu buruk?”. Dengan nada sinis dan (tentu saja) menuju kepadaku. Deg. Ya. Itu memang aku. Aku memang masih berkerudung buka tutup ke sekolaj. Tetapi, bisakah ia menjaga lisannya untuk tidak mengatakan hal demikian di hadapanku? Atau memang ia sengaja membuatku sakit hati? Aku rasa yang kedua. Rasanya aku ingin menangis di tempat saja. Mataku sudah agak kabur berselaput air mata yang ingin tumpah. Maklumlah, aku kan cengeng. Hehehe.
Untung saja jawaban guruku sedikit berpihak padaku. “Berkerudung seperti itu, lebih baik daripada tidak sama sekali. Tetapi, ya tentu saja alangkah baiknya jika menyempurnakan jilbab dan istiqamah dalam memakainya.” Tetapi sepertinya ia tidak peduli dengan jawabannya, ia hanya ingin membuatku sakit hati. Dan dia berhasil. Tapi aku tahu, ‘peperangan’ baru saja dimulai.
Saat bel sudah berbunyi, banyak teman-teman yang memberiku perhatian, “sabar ya, Ani…” Tetapi justru perhatian mereka malah membuat tangisku semakin tumpah ruah. Aah, aku tak ingin orang-orang melihatku menangis. Aku pun berlari ke kamar mandi. Menangis sejadi-jadinya. Setidaknya tidak ada orang yang melihatku. Mungkin hanya Allah.
***
Besoknya aku masuk dengan muka masam. Aku masih jengkel. Walaupun perasaan dendam itu tidak kuinginkan, ia tetap datang tanpa kuundang.
Dan ‘peperangan’ itu terus terjadi sepanjang aku duduk di kelas 2 SMP. Jika aku yang ada di depan kelas, aku diam saja. Mengurusi orang tak penting seperti dia bisa membuatku sakit jiwa!
Yaah, tetapi belakangan setelah itu, kutahu iabukan hanya menyebalkan untukku, tetapi ia juga sering ‘cari-cari masalah’ juga ke banyak teman sekelas yang lain. Tetapi tetap saja, musuh bebuyutannya PASTI aku. Rasanya ingin pindah sekolah saja, minimal pindah kelas!
***
Setelah beberapa bulan, lebih dari 6 bulan, ia mendatangiku pada waktu istirahat. Ia meminta maaf. Tapi ia tidak serius. Minta maaf kok malah ‘cengengesan’ sih. Tapi, aku sedang malas cari masalah waktu itu, ya sudah aku maafkan saja. Walaupun jauh di lubujkhatiku, aku sangat masih belum bisa memaafkannya. Tetapi, seperti kata pepatah, ‘waktu adalah obat yang paling mujarab', bukan?.
***
Setelah ia meminta maaf, ia masih saja mengulangi kesalahannya. Ia memang tidak serius meminta maaf! Kesal juga dengan orang seperti ini. Ingin juga sekali-kali merobek mulutnya! Ups! Hehehe.
Kusimpan rasa itu hingga lama membekas di hatiku hingga mendekati ujian akhir SMP. Walaupun ia tak lagi sekelas denganku. Dunia memang lebih tentram tanpa ada orang ‘nyebelin’ seperti dia di kelas. Susah untuk menghilangkan rasa itu. Kadang aku berpikir, kok aku sebegitu cengengnya ya? Hehehe.
Lalu, aku pun bercerita kepada temanku yang dulu lumayan dekat dengan si fulanah itu. Kuceritakan bahwa aku masih sangat kesal, belum bisa memaafkan, dan kalau ia tidak meminta maaf, aku mendoakannya agar ia tidak lulus UN! Kutahu ini sangat konyol dan kekanak-kanakan, tapi memang itulah perasaanku saat itu. Aku tidak menutupinya. Fheww, lega juga perasaanku sudah curhat. Walaupun malas mengulang masalah lagi.
***
Kira-kira sebulan kemudian, ia mendatangiku. Gedung sekolah sedang sepi. Waktu itu hari Sabtu. Ia mendatangiku dan meminta maaf dariku (lagi). Dia bilang dia sudah berubah, dan takut dengan ‘sumpah’ku kepadanya untuk tidak lulus UN.
Dan saat itu, memang tinggal sebulan lagi untuk menghadapi UN. Huh, aku tidak suka menjadi bahan tontonan waktu itu. Apalagi aku tidak bisa menahan tangisku. Tetapi kukatakan lagi aku masih tidak bisa memaafkan.
***
Tiba saatnya doa bersama untuk UN. Teman-temanku banyak yang menangis dan berpelukan. Tidak ketinggalan pula aku! Hehehe.
Lalu si fulanah itu datang ke kelasku, entah aku yang sudah bisa membunuh egoku atau terbawa suasana, aku berpelukan dengannya. Hahaha. Konyol juga. Ya. Aku sudah bisa memaafkan. Ikhlas. Ternyata ini rasanya memaafkan. Tidak ada beban yang menggantung lagi di hatiku. Sampai sekarang, aku masih bersyukur. Bersyukur karena Allah masih memberiku kesempatan untuk memaafkan sebelum tutup usia.
***
Juni 2009