Rabu, 02 Maret 2011

"Nilai Rapor"

-copied from my facebook's note, February 9-

Tulisan ini tentang kekecewaan gw sama nilai rapot. Bukan karena nilai rapot gw jelek-jelek lantas gw jadi kesel… Nilai-nilai gw memuaskan kok (menurut gw). Tapi karena nilai rapot yang gak jujur aja…

Misalnya nih, anak yang semester sebelumnya nilainya lebih besar, terus tau-tau nilainya turun pasti nanti bisa dibongkar pasang semau kita aja biar sama kaya semester sebelumnya… Gak adil banget kan?

Gw kasih contoh, misalnya si Mimin waktu kelas 1 nilai matematikanya 85, sedangkan si Maman nilainya cuman 78. Tau-tau pas udah naek kelas 2, si Mimin nilainya turun sampe 75, dan si Maman nilainya naek sampe 80. Tapi karena semester sebelumnya nilai si Mimin lebih besar daripada Maman, ya udah deh guru tinggal ganti angka aja di rapot. Dan triiing! Nilai si Mimin berhasil disulap lagi deh jadi 85 lagi, sedangkan si Maman yang harusnya punya nilai lebih gede malah cuma 80 aja…

Kalo kayak gitu, apa dong arti usaha si Maman selama satu semester buat bersaing? Apa dong arti usahanya buat ngalahin orang laen? Sedangkan universitas pasti gak bakal tau nilai anak-anaknya itu asalnya darimana…

Emang sih, dari satu sisi, “Ah kasian, biar lolos PMDK dibantuin aja deh nilainya…”, tapi… kalo dipikir-pikir lagi, ngerasa gak sih kalo ‘kebijakan’ kaya gitu ngerugiin anak lain? Ngerasa gak sih kalo itu diskriminasi? Ngerasa gak sih kalo kaya gitu bikin kecemburuan sosial? Apa guru-guru gak mikirin perasaan anak-anak lain yang gak dikatrol nilainya (misalnya si Maman)?? Terus apa artinya nilai rapot kalo ujung-ujungnya mereka dibantu?

Kalo kaya gini, gak bakal ada persaingan lagi di sekolah. Lagian, jelas-jelas syarat PMDK yang katanya nilai rapot harus stabil/naek terus itu gak realistis deh. Setiap guru kan beda-beda ngasih nilai. Ada yang pelit, ada yang royal. Jadi gak bisa dong nilai kaya gitu dijadiin tolok ukur.

Gw kasih contoh lagi, guru fisika gw dari kelas 1 sampe kelas 2 tuh gak pernah ngajar. Bahkan mungkin hampir semua anak gak tau bab-bab fisika kelas 1-2. Ngajar aja gak pernah, tau-tau di rapot ngasih nilai yang bagus aja… Tapi kan itu terkesan aneh, ada anak yang dapetnya cuman 78, ada yang dapetnya 82, ada yang dapetnya 87, 88, bahkan 90! Hey pak, indikatornya mana yaa? Apa dengan ngasih ‘nilai gratisan’ gitu semua anak bakal bahagia? Bisa aja ada yang ngerasa, “kok perasaan gw sama dia sama-sama aja deh, malah bagusan gw, tapi kok gw cuma 78, dia 87 yaa?”… Jelas-jelas ini gak adil.

Gw punya cerita lagi, waktu kelas 2 nilai kimia gw harusnya 95 (bukan mau sombong), dan gw yang udah seneng-seneng, tiba-tiba… “Nilai kamu kata kurikulum terlalu tinggi, turunin aja yah sampe 90. Nanti 5 poinnya mendingan taro di nilai praktek aja…” Jujur, berat hati banget gw… Nilai gw pun akhirnya didiemin sampe ke semester berikutnya… Dan yang bikin gw shock banget, nilai gw yang harusnya beda 5 poin sama si X, tau-tau nilai gw jadi sama deh sama dia! Ya ampuun, jadi ini yah nilai rapot? Usaha gw dibuang kemana sih?! Rasanya gw pengen teriak… Coba aja nilai gw tetep 95, peluang gw kan makin besar buat SNMPTN undangan ke ITB, ke UI...

Kalo mau nilai rapot gak turun ya belajar dari awal lah, bukannya kalo turun jadi dibongkar pasang…

Tapi sekali lagi pemerintah ngecewain... SNMPTN undangan? Is it fair? Is it valid?

No offense, gw cuma mau mengutarakan aja apa yang ada di otak gw, ini kan negara demokrasi… Mendingan pemerintah kalo mau adain PMDK/SNMPTN undangan, ditelusur dulu deh. Emangnya nilai rapot valid yaa? Gw yakin hampir kebanyakan sekolah pasti banyak ‘pengkatrolan’ nilai. Lagian kebijakan 50% murid di kelas itu gak begitu valid dong. Gimana tuh anak yang kasusnya kaya guru fisika gw tadi? Nilai-nilai kaya gitu tuh bikin kecemburuan sosial, bikin murid-murid gak sadar pentingnya nilai-nilai kejujuran.

Mungkin udah takdir kali yaa, ya udahlah gw mau teriak-teriak juga percuma kok… Seenggaknya gw lega udah nulis ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar