Minggu, 03 April 2016

Cerita SNMPTN ke ITB

Gw tau cerita ini udah jadul bangettt... udah 5 tahun dari 2011, nama tesnya udah ganti dari SNMPTN Tertulis jadi SBMPTN hahaha. Lumayan lah ya ceritanya buat anak-anak SMA yang lagi pada galau nih mau masuk kuliah. I’m sure many high schoolers browse this topic on internet. haha pengalaman gw dulu gitu soalnya.
Tujuan cerita ini bukan pengen mengingat2 kejayaan masa lampau, tapi cuman mau sharing aja cerita ini, mumpung masih jelas banget di ingatan. Sayang juga kan kalo gak dishare, kali2 ada anak SMA yang nyasar ke tulisan gw ini pengen baca2 tentang SNMPTN. Kebetulan gw punya adik cowok yang besok mau UN dan 2bulan lagi mau SBMPTN... juga ada 2 adek sepupu yang tahun ini bakal ngelewatin hal yang sama. Berikut ini cerita kakak, disimak yaaa adik-adik.... here we go...

Dulu, gw sekolah di SMA negeri di bogor yang notabene bukan sekolah favorit. Bahkan dicap sebagai SMAnya anak nakal dan berandalan di bogor. SMA ini terletak di Pamikul, Bantarjati *anak bogor pasti nyaho* haha. Jujurrrr, awalnya rasanya sediiiih banget gw masuk SMA ini dulu... dari situ keinginan gw kuatt bgt mau masuk PTN favorit di Indonesia. Apalagi, almamater bokap gw dari IPB, dan om gw dari ITB, ogah banget gw kalah dari mereka! Pikir gw dulu sesimpel itu.
Di kelas 3 SMA, gw selalu belajar tiap jam istirahat, ke kantin palingan beli roti/snack gopek sama seribuan... abis itu gw langsung ke kelas lagi buka buku bank soal. Ada banyak banget buku gw, gak ngitung gw juga. Catetan gw rapiiih banget, dibikin warna warni. Pokoknya gw super rajin pake banget. Pulang-pulang sekolah, gw ganti baju makan istirahat, abis itu berangkat lagi ke tempat les. Gw udah siap bawa banyak soal-soal yang tadi gw kerjain dan penasaran pas jam istirahat, gw tanya ke guru les gw. Jadi sebenernya gw ga tertarik belajar buat UN dan pelajaran sekolah sehari-hari. Gw tertarik buat ngerjain soal SNMPTN, SIMAK UI, UM UGM, dll dll. Menurut gw soal paling susah itu SIMAK UI sama SNMPTN yang terbaru karena kadang buat jawabnya perlu pemikiran kreatif dan out of the box. Tiap hari gw selalu tertantang buat ngerjain soal-soal itu. Pulang-pulang dari tempat les, gw buka buku lagi.. kerjain soal lagi... begituuu terus sampe gw ketiduran sambil megang pensil di samping tumpukan buku-buku, bahkan pernah gw sampe ngigo tentang soal matematika! hahaha freak banget gw dulu kalo dipikir2. Kebuktilah mata gw sampe minus gara2 gw pake belajar melulu tiap hari, berimbas sampe sekarang -_________-
Saking kuper kebanyakan belajar, ranking tryout UN gw sampe nomor 1 terus di sekolah. Udah gitu, gw suka banget ikut2 tryout yang diadain dimana2. Sekali waktu, pernah gw ranking keempat sekota Bogor, terus padahal tiga besarnya dapet hadiah :( huft. Terus ranking 17 dari tryout gabungan beberapa provinsi gituu yang diselenggarain anak UI kalo gasalah. Nama sekolah gw bahkan bisa di lembar pertama! Di saat disitu semua nama anak2 dari sekolah top semua. Disitu gw ngerasa cukup puas ngebuktiin ke diri gw sendiri bahwa gw juga bisa kok. Disini kakak cuman mau nyemangatin adek2 bahwa asal kita mau berusaha sungguh2, pasti bisa kok. Ga harus dari SMA favorit... SMA yang biasa2 aja bahkan jelek sekalipun bisa.
Nah itu tadi sekilas cerita belajar gw yang cukup ekstrim, sekarang kita mulai aja yaaa sampe masa-masa yang ditunggu datang... 
Gw lupa itu kapan, mungkin sekitar bulan Mei, pengumuman SNMPTN Undangan. Gw ditolak sama jurusan Teknologi Pangan di IPB, sedangkan sodara kembar gw diterima di jurusan Ekonomi Syariah di IPB. Jederrrrrr, disitu gw berasa dunia runtuh, petir menyambar-nyambar. Gw nangis sejadi2nya sampe besoknya mata gw bengkak kayak kodok. Dari situ gw harus moveon dan tetep lanjutin intensif SNMPTN sampe akhir Mei (atau Juni?). Sendirian, tanpa kembaran gw...... sediiih banget rasanya ngelaluin itu semua.
Setelah pemikiran panjang gw gajadi pilih Farmasi ITB, yang awalnya gw mau pilih karena gw suka banget ama Kimia waktu itu. Akhirnya gw pilih FTI ITB (pilihan pertama) dan Ilmu Gizi UI (pilihan kedua). H-1 gw pun observasi tempat gw tes besok, udah tau tempat duduknya juga. Yaudah tuh. Eh terus besoknya, hari H gw pun telat. Sebenernya ga telat sih, tapi semua anak udah pada duduk manis gitu di korsi masing-masing. Gw ngos2an nyampe kelasnya. 
Gw inget banget waktu itu pertama kali soal TPA, nah gw ga ngebulet2in item dulu jawaban gw, tapi gw titikin aja tuh. Pas udah semua beres, baru deh gw mulai ngebulet2in item satu persatu... baru soal nomor 10 apa ya kalo gasalah, si Bapak pengawas bilang “5 menit lagiii” Jederrr gw deg2an banget, yaudah gw buru2 ngebulet2in tu soal. Akhirnya dia bilang deh waktu habis, sisa yang harus gw itemin masih banyak, ada sekitaran belasan lah kalo gasalah. Nyampelah dia di meja gw, “Dek, siniin kertasnya, waktunya abis,”
“Tunggu pak, saya belum selesai,” kata gw deg2an sambil ngebulet2in asal.
“Dek... waktunya udah abis,” terus kertas gw ditarik aja... dengan bulet2an beberapa nomor terakhir ga bulet sempurna... Huaaaaaaa gw langsung ke kamar mandi deh, di dalem kamar mandi nangis... *iya, gw tau. gw cengeng bgt.*
Abis istirahat, dimulai lagi lah ronde kedua, yaitu soal Matdas, B.Ing, B.Indo.... Gw pun ngerjain soal nya sambil ngelapin air mata karena ngerasa tadi gw gak ngerjain soal TPA dengan maksimal. Alhamdulillah hampir semua soal keisi. Terus pas gw ngumpulin soal, si bapaknya ngomong ke gw “Besok jangan nangis lagi yaa dek...” sambil cecengiran ngeliat gw. Waduh, malu gila gw, langsung aja gw bales “Ih siapa juga sih yang nangis!” wkwkwkwk konyol, abis itu padahal di angkot gw nangis sendirian kayak anak kecil yang keilangan permennya.
Besoknya, gw udah lebih tenang hahaha. Soal Mtk IPA, Fisika, Kimia, Biologi. Alhamdulillah gw lancar ngerjain soalnya.... Mtk IPA dikerjain sekitar 13 apa 14 gitu, Fisika dikerjain cuman 5 apa 7 yaaa (honestly I really dislike Physics), Kimia semuanya gw kerjain, Biologi hampir semua juga. Disitu gw pede sih, biarpun pas nyampe rumah ternyata setelah gw inget2 gw ada 2 apa 3 soal yang salah itung :( OMG kepikiran sampe sebulan ke depan. Gw udah pesimis banget bakalan gol ke FTI, palingan juga gw keterima di Gizi UI, dalem hati gw.
Menjelang hari H pengumuman gw mantau KASKUS, banyak anak2 SMA yang tes SNMPTN juga ternyata, gw mah silent reader aja. Dan akhirnyaaa gw buka juga pengumuman yang lebih dulu 2 jam dari jam seharusnya!

Ngeliat itu, gw sampe harus ngucek-ngucek mata gw, gw baca berulang2. Gak salah nih?! Abis itu langsung deh gw sujud syukur... terus nelpon Ian (my twinsister) si Ibu yang ada di toko. kalo gw diterimaaaa di FTI ITB!
Yaaa Allah, syukurku tiada terkira. Akhirnya buah doa, usaha, dan penantian panjang membuahkan hasil yang manis :) Dari SMA gw sendiri ada 3 orang yang diterima di ITB, 1 FSRD, 1 SBM, 1 FTI (gw!), tahun 2010 ada 1 orang (FTTM). Akhirnya sekolah di tempat terbaik negeri ini bisa kesampean.... setelah SD, SMP, SMA di tempat biasa2 aja haha. Penasaran rasanya kayak apa sekolah di Institut (yang katanya) Terbaik Bangsa.


Semangat adik2! Kejar terus mimpi kalian. Jangan biarkan seorangpun mencuri mimpi kalian. Percayalah, ini bukan akhir, tapi awal dari segala cerita baru menakjubkan yang tak pernah disangka2.
- Ani -
Btw, kalo ada pertanyaan dan dibalesnya lamaa... mention ke twitter @nianiani ajaa ya ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar