Kamis, 08 Mei 2014

Untuk seorang teman lama

Jika kau katakan hatimu sakit karena aku... maaf. Hanya satu kata itu yamg akan kusampaikan. Tak akan aku berlutut dan mengiba lagi untuk meminta maafmu.

Karena sekarang aku pun ingin bercerita tentang kau.
Taukah teman? Hatiku juga sakit.
Aku benar-benar menerima keadaanmu apa adanya. Engkau yang selalu susah kuhubungi, selalu menghindar, selalu ada saja alasan yang kau punya, itu pun aku terima.
Komentarmu yang kadangkala sinis, menggores hatiku, itu pun aku terima.
Ingat waktu itu? Kau membocorkan rahasiaku tentang rasa sukaku pada seseorang. Sedih rasanya, kau orang yang aku percaya. Tapi rahasiaku kau anggap sampah dan lelucon. Itu pertama kalinya aku menceritakan perasaanku ke orang lain. Dan itu pun aku terima.
Aku tau kau tidak menganggapku sahabat. Beberapa kali aku mengatakan, "kau sahabatku kan?".
Namun pandanganmu mengerling dan raut wajahmu seakan menyangkalnya. Itu pun aku terima.
Aku rasa kau adalah orang baik.
Sudah kuduga saat kau tidak begitu antusias menyambut saudaraku yang bermain ke Bandung.
Kau yang tak antusias dan menolakku secara implisit saat kukatakan aku ingin berkunjung ke rumahmu dan menginap di sana suatu saat nanti.
Kau yang selalu bercerita tentang kakak kosanmu yang menjadi idola dan berprestasi.
Kau yang banyak bercerita tentang impianmu yang bertolak belakang dengan impianku.
Kau yang mengatakan secara tersirat bahwa akulah penyebab buruknya kondisi akademikmu.
Kau yang membuatku mengurangi waktuku bersama organisasi yang kujalani.
Kau yang selalu menjatuhkanku dengan komentar-komentarmu. Tak mungkin kutulis semuanya disini.
Sekarang aku mengerti, aku tidak dapat berharap kepada seseorang.

Terima kasih karena kau telah mengajariku untuk lebih kuat.
Terima kasih karena kau telah membuat aku membuka mataku.
Mungkin lebih baik seperti ini, tak perlu aku memaksa untuk dapat diterima olehmu... walau sakit rasanya, seperti telah menghabiskan waktu dan rasa tulusku pada orang yang salah.

-ani
seseorang yang pernah menjadi teman baikmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar