Selasa, 19 November 2013

Anak penjual tisu

Suatu siang, gw dan temen deket gw, si yana, makan di gelap nyawang (belakang masjid salman itb). Di tengah asyiknya melahap nasi ayam goreng sambel ijo keremes, ada seorang anak penjual tisu isi 50 sheets dateng menghampiri kita berdua.
"Teh, beli tisu...." kata tu anak.
Si yana nolak buat beli dan dia bergegas pergi ninggalin kita. Entah angin apa yang lewat, mungkin angin muson atau angin topan haiyan, gw berniat buat beli tisu anak itu. Yah itung-itung nolong dia juga kan mayan. Pikir gw, yailah tibang tisu gituan, paling juga 2ribu. Semahal-mahalnya yaa 4ribu deh mau gw beli.
"Dek dek sini dek, harganya berapa..." kata gw manggil tu anak.
Si anak itu pun balik badan dengan wajahnya yang polos-polos nyeremin gimana gitu. "6 ribu teh..." kata dia gitu.
"Hah mahal amat 6 ribu, biasa juga 2 ribu tisu gituan mah dek..." kata gw sama yana saling nimpalin.
"Yaudah deh gak jadi aja." kata gw.
Tu anak nggak pergi doong. Dia tetep diri dengan pedenya nggak bergeming.
"Teh, beli teh...." kata dia dengan suara lirih.
Sumpah itu gw takut banget dia tiba-tiba nyakar gw dari belakang atau nusuk atau ngapain gitu, atau ngambil HP gw terus lari. Saking parno gw sampe mengamankan HP yang letaknya deket sama dia.
Dan dia gak mau pergi. Harganya juga gak bisa kurang. 6 ribu perak. Astaghfirullah.
Gw sampe melotot melotot ke si yana sampe takut. Bisik bisik si yana bilang "Mungkin dia nggak tau bedanya 6 ribu sama 5ribu ni..."
Gw pun ngasih 2 lembar 2ribuan + receh 500an 2 keping.
Gw ambil deh tisu yang dia bawa. Daan dia keukeuh, "kurang teh. Ini 5ribu."
o_________________O
Kayaknya gak ada orang yang gakbisa ngitung duit yaa sekecil dan sebodoh apapun orang o.O
Karena gw takut sama tu anak,yaudahlah ikhlasin aja kasih 1000 lagi. Toh dia dikasih 6000 gak bakal bisa nyaingin kekayaan bill gates juga. Hahaha. Hmm halal nggak sih tuh jualan maksa gitu.
Sekitar setengah jam kemudian.....
Gw bergerumun sama orang-orang dan tetiba ada suara lirih dari belakang gw...
"Teh tisu teh...."
Gw noleh dan muka gw sama muka tu anak saling beradu, saling tatap-tatapan. Spontan gw pun teriak di depan muka anak itu.
"Huaaaaaaaa...." gw teriak kayak ngeliat hantu. Serem banget sumpah muka tu anak kayak psikopat mukanyaaa. Hiiiy sampe ketakutan kalo dia nyamperin kosan gimana. Nggg lebay sih.
Tu anak sampe pergi ngejauh ketakutan.
"Ni lo kenapa aneh banget sih anaknya takut tuh lu teriakin gitu." kata temen gw.
.______.
What a weird day....
Maybe gw gak mau jadi sok sok an baik lagi ke anak kecil penjual sesuatu #goodlessonlearned

Tidak ada komentar:

Posting Komentar