Rabu, 12 Juni 2013

KKN T ITB Day 1-2

Pengalaman KKN Tematik ITB di Desa Nangtang, Cigalontang, Tasikmalaya. Berangkat dr kampus tgl 10, dr depan kampus sekitar jam stg8an. Naek elf gtuu soalnya kalo naek bus gak kuat katanya.
Akhirnya setelah 2,5jam an nyampe jg deh di desa nangtang itu....
Sekitar sore setelah blablabla, pembukaan,makan siang,kumpul kelompok, barulah ke rumah masing2 dr kita yg bakal kita tempatin.
Ternyata gw gak serumah sama wida n vania (TI 2011 juga) :( tapi gw serumah sama Ferisa (MA11) n Kak Arista (MA 10). Waaahhh malah nambah temen baru n cerita2 seru makin banyak!! Si Ferisa juga sama bawel nya kayak gw, jadilah si Kak Arista jadi yang teraniaya di antara kita. Wkwk. *peace kak*
Kita kedapetan rumahnya Pak Herman. Jadii rumah kita tuh di perbatesan dusun 1 & 2. Yaah lumayan jauh deehh dari temen2 kita yang di dusun 1.
Usut punya usut, ternyata kepala desanya gak menyebar kita "pure" ke rumah warga, tapi ke rumah sodara2nya. Hmm yaa jd gitu2 aja deh haha.
Pak Herman ternyata tinggalnya di Lampung. Jadi si ibu (namanya Bu Iar) tinggal cuma sama 2 anaknya. Ada yg baru lulus SMA kemaren ini, namanya Ryan. Aanya baik looh mau minjemin kamarnya ke kita buat ditumpangin haha. Kamarnya gaul banget, ada bendera XTC, patung kepala rusa, gitar, sexy road, bob marly wkwk. *gak penting* Nah satu lgi anak umur 4 tahun namanya Rehan! Haha ini nih mainan baru kita di rumah iniii. Anaknya lucuuu banget, terus kalo ngomong Sunda tuh yg halus gtuu. Gw sampe malu dia yg ngajarin gw :"" Bahasa gw mah bahasa Indonesia campur bahasa sunda Bogor yg teu pararuguh. Wkwk. Si rehan tuu lucu bangeett, apalagi klo ketawa mirip sama Minho shinee. Haha.
Nah karena kak rista orangnya paling keibuan n mengayomi, jadilah kak rista teteh favoritnya si rehan haha.
But but but one thing yg gw rada gimance gituu, disini tuh si ibunya miara anjing atawa gogog or doggy yg namanya Reno -_____- Awal2 sumpah gw takut banget sama si Reno. Dia tuh anjing yg nyeremin gtu. Giginya taring semua, matanya melotot, n lidahnya melet melulu. Sumpah deh nyeremin banget tu anjing. Hiiiyyyy, gak nyangka gw di kampung ky gini banyak anjing berkeliaran. Dari mulai yg warnanya item, Reno, hii pokoknya mah katanya buat jagain rumah. Tapi bukannya itu haram yaa :( takut liurnya berceceran kemana2 juga kaaannn.
Nah kita bertiga tuh suka bareng ama si Rehan. Tapi masalahnya adalah si Reno selalu ngikut kemana pun si Rehan pergi. It's like soulmate you know -,-
Awal2 sih gw takut bgt sm si Reno. Sumpah gw selalu ngeremes kenceng2 apapun yg gw pegang kalo liat si Reno. Haha. Begitu pula dgn si Kak Arista n Ferisa. Tapi lama kelamaan gw ga setakut pertama ngeliat sih. Jadinya udah biasa aja.... Padahal awal2 tuu pas si Reno lagi stretching badan aja mengerikan bgt sumpah hii kayak mau nerkam *lebay* oke stop cerita ttg si Reno, krn klo dilanjutin nanti gaberes2 nyampe 1000 kalimat. Wkwkwk.
Nah dari luar tuh pas lewat naik elf rumah pak herman keliatan nya bagus banget. Oowwch ekspektasi udah tinggi doonk. But we're all wrong.
Ternyata rumahnya itu baru dibangun. Jadi jamban alias WCnya masih menumpang di rumah sodaranya yg jalan sedikit dulu ke atas. Padahal nih ya, di rumahnya ada WC. Tapi WCnya tuh ga ada akses air n penerangan. Airnya tuh kalo gak ngisi dr rumah kakaknya bu iar yg jambannya kita tumpangin ya nadah air ujan gituu dehh. Hhmmm. Awalnya gw fefe n kak rista mau langsung mandi di tempat jamban numpang ituu. Tapi kita beralasan mau pipis dulu alias cek lokasi juga survey. Gataunya ga ketutupan atesnya kan berabe juga cyiiin kan gaswath juga gtuloohh. Haha.
Ternyata jambannya gak seburuk yg gw bayangin... Masih mending drpada rumah yg di atas. Jambannya tuh dr bilik gitu, dr awi2 bambu yg disusun. Tapi lumayan kok, ketutup n ada buat pupnya. Tp yaaa gitu deehhh. Awi2 nya tuh masih bercelah gitu. Daaaannn gw merasa insecure banget mandi disitu. Takut diintipin orang. Apalagi belakangnya kebon n sampingnya kandang ayam n kelinci -,- luarnya juga masih tanah coklat gituu. Soo this is what you call kampung haha. Tapi ini mah gak separah dusun di sumsel yg gw kunjungin sih, Bailangu n Lumpatan. Di bailangu sm lumpatan tuuh parah ngetss. Bawahnya sungai yg pasang surut, WC jarang, sinyal emergency calls only, dll. Pokoknya mah desa ini jauuuh jauh lebih baik. Tapi tetep aja yg namanya desa mah desa -,- haha.
Kayaknya sih desa ini gak terlalu bagus agamanya. Hmmm kalo hasil gw ngorek2 cerita ibunya n ngamatin juga, ini emg kepengaruh kampung naga sih. Kerudung jg kayaknya masih dianggep tabu. Solat 5 waktu jg gak dijalankan dengan semestinya. Azan zuhur n ashar juga jarang terdengaarr. Hmm.
Somehow gw ngerasa seneng dapet rumah ini karena ibunya yang baiiik banget. Super murah senyum, terus ga ada bapaknya jg lumayan enak, jd lebih bebas. Aanya juga baik, bukan baik yg genit gitu lagii. Si rehan jugaa luchuu.
Nah gw tu kan asma... Asma gw tuh kambuhnya bukan karena cuaca dingin. Tapi karena MSG, sakarin, pengawet, dll gitu. Sama yg pengap2 gt gw juga harus adaptasi dulu. Awal2 tidur di kamar si aa gw ngerasa gw pilek batuk n gak nyenyak. Kamarnya kurang ventilasi.
Trs besoknya si ibu masak ubi goreng tepung. Nah tapi dia makein sakarin di tepungnya. Gw udah firasat buruk sih ituu :( duh takut asma gw kumat n anfal. Tp gw malah mikir, aah yaudahlah dikit kook. Terus gw mikir biasa melulu. Kata si fe sm kak rista sih itu masaknya pake masako kok. Tapi gw gak yakin :( nah gw tuh baru sadar gw asma setelah abis magrib. Awalnya gw mikir gw batuk biasa. Tp stelah dipikir2 ga ada yg bikin gw batuk jugaa sih. Daannn gw menarik kesimpulan kalo dia masak pake mecin n tadi ada sakarinnya -,- oh em jiiii semakin lama semakin sesek gak karuaannn gitu looh. Mana gw ga bawa inhaler (obat semprot) lagiii :( tp untungnya gw selalu siap sedia bisolvon n dexametason. Gw minum ituu, tapi tak kunjung reda. Hmmm atur napas atur napass. Bantal juga harus tinggi supaya gak sesek. Akhirnya gw tidur malem banget n pas napas gw udah teratur. Yeesss akhirnya bangun2 jam stgh 4 gw udah sembuh n ceria lagii! Huahaha. Jadi kapok makan :( pengen makan roti n mie aja jadinyaaa. Thats better daripada hidup gw kesiksa. Huhuhu.
Akhirnya gw ngomong ke ibunya kalo gw gabisa makan pake mecin n sakarin. Hmm tp kyanya si ibunya udh kebiasa pake mecin. Jadi biarpun dia iya2 aja gw ttp takuutt. Hmm hrus ati2 nih. Kata si ibunya "harusnya mah ngomong dari kemaren neng". Huftyyy tp kan asma gw jarang2 kambuh klo kadar sakarin n mecinnya dikit. Kalo kata si ian *kembaran gw sih* kalo org kampung apalagi tuh suka banget masak pake mecin. Bikin telor ceplok pake mecin apa2 pake mecin. Dll. Waduh klenger2 dah gw @.@ yaa Allah mending gw makan roti n mie atau pop mie tiap hari dah daripada kesiksa kayak getooo tiap harii. Omygoodness.
Yaudah yg penting skrg gw udh sembuuh. Alhamdulillah. Yaa Allah jadikanlah sakit ini sebagai penggugur dosa2ku. Aamiin.
Hmm cerita apalagi yaaa. Pokoknya byk cerita yg kocak selama kita disini.
Mulai dr cuci piring n gelas bersama2, ada cerita dari bapak sotoy yang..... (ehem penasaran yaaa haha), kak arista yg cintanya bersemi *eh* *plak* terus banyaakkk sekaleh. Seakan kita udah kenal berbulan2 haha. Baru segitu yg gw inget. Nanti kalo ada cerita baru gw tulis lagii deh yaaa. Byeee.

-ditulis di jam 4-5 pagi tgl 12 juni 2013 via hp-
Anii

1 komentar:

  1. ~°• السلام عليكم •°~ .
    Gmn kbr smua??ksan2 kkn di ds nangtang gmn??
    Diantos joged lg di sd sukadana.™ђёe..ђёe..ђёe..ђёe..™

    BalasHapus